Tawaran untuk Menjadi Pemimpin


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته


 asmoroklub.tumblr.com


Ramadhan ini, aku sholat tarweh berjamaah di mesjid dekat rumah. Ketika sedang membaca surat-surat pendek, imam melakukan beberapa kesalahan baca. Imam juga sempat melakukan kesalahan gerakan sholat. Makmum membantu membenarkan kesalahan-kesalahan itu. Ketika ceramah, imam tersebut minta maaf karena ternyata ia sedang tidak enak badan. 

Aku sempat diberitahu temanku, bahwa lebih afdol kalau yang menjadi imam dalam sholat berjamaah itu dia yang berilmu. Semua orang memang berilmu, tapi pasti ada yang paling berilmu diantaranya. Kalau dipikir-pikir ya betul, menghapal surat-surat pendek tentu merupakan ilmu tersendiri. 

Aku rasa begitu pula ketika menjadi seorang pemimpin. Pemimpin harus memiliki ilmu kepemimpinan, ilmu kebijaksanaan, ilmu menjaga amanah, ilmu pengaturan strategi dan sederet ilmu lainnya. Itulah mengapa pelatihan menjadi pemimpin terus menerus digelar. We need leadership skill. 

Indonesia adalah negara kaya raya, Tapi pemimpin-pemimpinnya yang membuatnya begitu miskin, miskin moral, miskin kebenaran, miskin perhatian terhadap rakyat kecil. Pemuda-pemudi harapan bangsa sekarang sedang kehilangan sosok seorang pemimpin yang memiliki integritas tinggi, tanggung jawab, tegas, cakap, kreatif dan kinerjanya terasa nyata. Maka harus ada yang mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin yang lebih baik sejak saat ini.

Siapkah kalian menjadi pemimpin yang selanjutnya untuk membuktikan segala gerutuan dan makian kalian terhadap Negara kaya ini?

صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد - صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

Komentar

  1. Dengaren bahasamu lumayan formal, hehe. . .

    BalasHapus
  2. membaca cerita diparagraf awal dan membandingkannya sama pemimpin bangsa ini itu berhubungan sekali...

    pemimpin kita sakit, jadi perlu diobatin dulu, atau diistirahatkan dirumah, nah jadi yang muda-muda berkesempatan buat memimpin, bagaimana?

    BalasHapus
  3. Fotonya cantik...

    Mirip mama gue waktu dulu, hohoho


    Met Idhul Fitra ya
    Minal 'adzhin wal fa'idzin
    Mohon ma'af lahir & bathin ^_^

    BalasHapus
  4. Ambil kesempatan jadi pemimpin kecil-kecil ketika sekolah/kuliah biar terbiasa
    Perdalam iman dan agama biar tak binasa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sedikit Catatan KKN di Jikotamo, Pulau Obi

Drama India dan Imajinasi Tentang Ibu Mertua

Remaja Perempuan dan Organisasi Desa: Cerita dari RW 55 Krapyak