Senin, 06 Desember 2010

Kenapa Harus Kopipaste Posting Blog Orang Lain?

i got this pict from here

yeaaa, topik ceracauanku kali ini tentang "blog berisi postingan yg tidak murni buatan pemiliknya" atau aku sebut "blog kopipaste". kenapa kopipaste? kopipaste atau copy and paste adalah teknik yg biasa digunakan untuk menggandakan data (copy) dan memindahnya (paste) yg kita lakukan ketika menggunakan komputer atau handphone yg memiliki kemampuan kopipaste. istilah kopipaste yg lain yakni copycat, istilah ini penggunaanya mengarah ke negatif, dimana oknum yg melakukan penggandaan data tanpa izin -biasanya berupa tulisan di media maya seperti blog dan FB - dari pemilik hak cipta data tsb. 
sedikit cerita, suatu hari guru tercinta memberi tugas untuk membuat makalah. berhubung terlalu malas membolak-balik puluhan buku di perpustakaan demi mendapatkan informasi yg dibutuhkan, aku pilih untuk browsing di warnet. tinggal masukkan kata kunci ke mbah Google, criiing! muncul semua info dengan instannya, yeeey! open in new tab, open in new tab, open in new tab sampai 5 kali untuk judul yg hampir sama. ketika di-klik, jreeeeeeng! kelima web berbasis blog tersebut memuat tulisan yg SAMA SEMUA men!

satu per satu aku perhatiin titik, koma, konjungsi dan diksi yg dipakai, karena takjub melihat fenomena alam maya itu #halah. pada beberapa blog yg mencantumkan sumber dan ada juga yg tidak mencantumkan asal-usul tulisan di blog mereka, ya kalo kita su'udzon sih itu artinya dia meng-hak-milik-kan tulisan orang lain tanpa ada izin dari yg berwenang alias tulisan ilegal.

hal beginian nih yg udah jadi barang biasa di Tanah Air tercinta kita kayak kalo make celana dalam ya di dalam, bukan di luar seperti si superman yg pingin kelihatan maco luar dalam. nama bekennya: NJIPLAK. budaya yg bisa membuat perusahaan hak paten laku keras atau malah gulung tikar ini yg mematikan kreatifitas alami masyarakat Indonesia!

sebab mereka hanya menyebarkan, bukan membuat, tidak ada inovasi, kreasi dan mimpi di situ. padahal inovasi adalah kunci kenapa para pengusaha frenchies di Indonesia dan perusahaan junk food seperti Mcd bisa kaya raya. yg mahal itu idenya, bukan prosesnya!

secara kuantitas memang lebih unggul hasil karya jiplakan atau biasa disebut barang bajakan, tapi tetap secara kualitas menang si pemilik ide asli. sebab sepintar apa pun si copycaters ngopi, ga akan sama plek kayak aslinya. usaha peng-kopi-paste-an memang mendatangkan keuntungan yg banyak bagi para peminat barang hasil kopipaste, tapi sangat merugikan omset dan nama si pemilik ide karena kalah pasaran untuk barang dan nama untuk lagu dan tulisan. memang sih, tahap awal dari pembentukan jati diri adalah imitasi (usaha menyerupai sosok yg dikagumi). akan tetapi jika imitasi ini terus berlanjut tanpa ada upaya pengembangan lebih lanjut, akan muncul rasan-rasan dari berbagai pihak yg menanyakan ke-orisinal-an yg di-imitasi-kan.

nah, kerugian ini membuat temenku si chika menutup blog lamanya dan cuti cukup lama dari dunia blogger karena tertekan, sebab dari template hingga postingannya dikopipaste secara ilegal oleh copycater. hal yg sama juga dialami oleh temanku dan diriku sendiri, yakni beberapa postingan kami disabotase secara tidak bertanggungjawab. kesan yg timbul adalah KAMI YANG NGOPIPASTE padahal tidak sama sekali. GODDAMNIT! jerih payahku bernarsis diri di blog selama 2 tahun adalah tulisanku dijiplak. men, meski begitu aku harus bersyukur karena ternyata tulisanku ada yg mengapresiasi hihihi~

bukti-bukti terkait :
 



bagaimana dengan blog kalian? apa masih aman-aman saja? THX XOXO buat Anindita yg udah memberi informasi bahwa dia "mengalami dejavu postingan" aku jadi makin semangat menulis, UYEAH~! oya, ini ada postingan tentang kopipaste juga dari temenku zulfana yg lagi attending student exchanges ke Jepun dan postingan dari indra : plagiat dan plagiator .


selamat blogging kawan! 
mari hargai karya orang dari sekarang!

28 komentar:

  1. kadang emang kesel juga klo postingan kita di copas, tapi itu malah menandakan klo postingan kita bermutu,,
    keep posting,, jangan peduliin orang2 yang copas tulisan kita....

    BalasHapus
  2. wah ada nama saya dicantumkan disana :) saya senang sekali baca postingan blognyaa.. semoga karyanya tidak dijiplak lagi yaaaa. Smangaat XOXO

    BalasHapus
  3. Waahh.. harus dipatenkan mbak karya tulisnya biar nggak dibajak :D

    Berkunjung setelaha lama tidak kesini :D

    BalasHapus
  4. Plagiat skala kecil macam nyontek PR dan ulangan termasuk melanggar hak cipta gak? Mbak Fata, I love you. Keep writing and posting! :D

    BalasHapus
  5. aku banget nih suka nyolong tulisan orang.. :p

    BalasHapus
  6. nyontek dikit sih gapapa asal nyantumin darimana sumbernya
    tapi kalo udah kebanyakan mah itu kelewatan namanya

    BalasHapus
  7. Maaf ya Non...Bang Pendi jarang mampir....Bang Pendi mo semedi dulu, ngademin ati...hehe. Makasih masih inget sma Bang Pendi...salam hangat n' sehat selalu...

    BalasHapus
  8. wahh..siapa aja pasti akan marah kalau tulisannya di copas hingga ke titik komanya

    tapi..tetep sabar ya jeng
    jangan kehilangan semangat untuk terus menulis

    :)

    BalasHapus
  9. bloggernya itu tidak punya idealisme pastinya

    BalasHapus
  10. weeew kesel deh kalo ada orang yang doyan copas.. setuju! setuju!
    i miss you too sis:)

    BalasHapus
  11. sebenarnya untuk ngebuktiin kalau postingan orang itu copas cukup liat tanggal ia posting, duluan mana?
    klaim aja, trus permalukan diblog anda.

    Alhamdulillah, blog jelek saya gak pernah ada yang copas.

    BalasHapus
  12. baaaaah kopipaste tuh menjengkelkan.
    coba periksa pake copyscape.com mayan bisa mbantu deteksi, atau copygator

    BalasHapus
  13. ehem, melihat fenomena semacam ini memang terkadang membuat risih bagi penulis utama, apa lagi yang mengambil tidak mencantumkan sumber itu datangnya dari mana!!!
    tetapi juga bisa menjadi kebanggaan bagi penulis karena tulisannya bisa diterima, bermanfaat dan bisa di konsumsi oleh publik tanpa ada masalah.
    kalau boleh bilang sebenarnya ini sudah menjadi kebudayaan, jangankan dalam dunia maya, dalam mengerjakan tugas sekolah atau kuliah tanpa kita sadari kita sudah melakukan plagiatisme.
    untuk sedikit mengikis kebudayaan seperti itu, mari kita budayakan menulis dari pemikiran, pemahaman, dan hati kita sendiri (originalitas).

    BalasHapus
  14. Bagus... sebarkan blogmu dengan link dimana-mana...
    untung ada anindita yang tahu..
    jadi bisa beritahu dirimu...
    coba kalo ga... bisa berabe kan...

    bisa-bisa dirimu lah yang disebut sebagai "maling" nya....

    BalasHapus
  15. wadu
    aku si sering
    kopas mania
    haha :D

    BalasHapus
  16. aku jg pernah salah satu postinganku di copy paste orang
    terus kutulis dikotak komentar orang itu menunjukkan rasa protesku
    eh dia bilang "Mungkin kita copas ditempat yang sama"
    aku ampe melongo bacanya, lah aku yg nulis sendiri koq dibilang copas ditempat yg sama *dohh*

    BalasHapus
  17. sebel emang klo masalah copypaste ini.
    aku sendiri belum nemuin isi blog ku di copas orang..emm *kurang teliti kynya aku*
    cm pernah nemuin tulisan ku ditulis di forum tanpa nulis sumbernya..itu aja uda kesel :sigh:

    BalasHapus
  18. Hampir semua blogger pernah ngalamin di copas
    yah itu tandanya postingannya bagus..

    BalasHapus
  19. ahhh sudah biasa sih ngadepin atau nemuin yang suka copas, sudah sering digituin malah, hehehehee

    it's indonesian sista

    BalasHapus
  20. gue rasa di dunia perbloggingan susah deh buat melakukan copypaste tanpa ijin, soalnya pasti ada yang ngelaporin. blog pan sebenernya jaringan sosial juga, jadi oknum itu pasti ktauan deh klo cuma copas doang. kita kebiri rame-rame aja apa si copycat itu? buahahahaha.
    anyway, klo gue make celana dalem di kepala, gimana dong? ghahaha...

    BalasHapus
  21. biar kopas yang penting isinya bagus.

    salam kenal,

    kamu desainer grafis?

    BalasHapus
  22. beuh, ini GUE BANGET! maksudnya bukan gue yg copycater yaaa.. gue merasakan hal yg sama, nyesek luar biasa ketika ada orang yg ngikutin blog gue. dari gaya tulisan, banner, sampe widget dan lain-lain. #ganyante #curhat
    sebel abis. tapi balik lg, gue serahin semuanya sama yg di atas semoga si copycater di beri petunjuk.
    semangat! yeah!

    BalasHapus
  23. jujur aku termasuk orang yang suka copas., tapi ga kopas bulet-bulet. jadi ketika ketemu artikel yang bagus aku biasanya pindahin dulu ke dokumentku. trus nyari lagi. sampe ketemu bahan yang banyak. baru deh baca ulang untuk kemudian diambil kesimpulannya dari beberapa artikel tersebut. baru kemudian diposting.
    trus tulis deh sumber-sumbernya dari mana aja

    BalasHapus
  24. perasaan saya pernah komen kesini deh, kok ga muncul ya...
    anyway sori oot, ada award buat kamu. http://nyoblak.blogspot.com/2010/12/hari-ini-bingung-mo-nulis-apa.html
    ambil ya. :)

    BalasHapus
  25. hem, menarik nieh pembahasan, "blogkopipaste"... ane pernah juga menjadi pelaku dan menjadi korban. dulu diawal-awal bloging ane sering, tapi sekarang-sekarang ini yang ada malah aku yang menjadi korban.
    ehm, bicara untung rugi - baik buruk semuanya kurang menguntungkan dan merugikan dan nambah tulisan. kalo jadi pelaku ya jangan sadis2 amat ya, cantumin asal/sumber tulisan, sebagai bentuk penghormatan. tapi buat korban, psotif thingking aje.
    coba lihat http://terselubung.blogspot.com, mungkin tulisan anda ada disana, tapi lebih terkenal mana blog anda dengan terselubung.blogspot.com???

    BalasHapus
  26. hem, menarik nieh pembahasan, "blogkopipaste"... ane pernah juga menjadi pelaku dan menjadi korban. dulu diawal-awal bloging ane sering, tapi sekarang-sekarang ini yang ada malah aku yang menjadi korban.
    ehm, bicara untung rugi - baik buruk semuanya kurang menguntungkan dan merugikan dan nambah tulisan. kalo jadi pelaku ya jangan sadis2 amat ya, cantumin asal/sumber tulisan, sebagai bentuk penghormatan. tapi buat korban, psotif thingking aje.
    coba lihat http://terselubung.blogspot.com, mungkin tulisan anda ada disana, tapi lebih terkenal mana blog anda dengan terselubung.blogspot.com???

    BalasHapus
  27. Wah, saya setuju sekali dengan @Qori Reader : "Lihat saja tanggal postingnya. Mari ramai-ramai kita klaim."

    BalasHapus